Manfaatkan Berjemur Sinar Matahari Pagi Demi Kesehatan Kulit

Pagi hari menjadi waktu yang paling tepat jika anda ingin berjemur di bawah sinar matahari. Mengapa demikian? Karena sinar matahari di waktu pagi hari masih belum terlalu terik sehingga Anda dapat memperoleh manfaat gratis kesehatan alami.

Sinar matahari pagi menjadi moment yang tepat bisa menghasilkan sinar UV yang menyentuh permukaan kulit untuk dirubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D diperlukan untuk menjalankan fungsi imunitas tubuh, metabolisme kalsium, dan juga mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berjemur selama 15 menit saja ialah sebelum pukul 10.00 minimal dua sampai tiga kali seminggu.

Manfaat Pajanan Sinar Matahari untuk Kulit

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Terlebih, kandungan vitamin D ternyata cukup terbatas hanya dari jenis-jenis makanan tertentu saja. Solusi praktis serta mudah dalam memenuhi kabutuhan asupan vitamin D adalah dengan memanfaatkan pajanan sinar matahari di pagi hari.

Asupan vitamin D yang cukup bagi tubuh bisa menghindarkan tubuh dari penyakit tuberkulosis, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1 multiple sclerosis, serta osteomalacia. Jika kekurangan vitamin D pada anak-anak maka bisa mengakibatkan penyakit rakitis. Sinar matahari juga berperan penting untuk menjaga serta merawat kesehatan kulit. Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan jika paparan sinar matahari bisa mengatasi sejumlah permasalahan kulit. Sejumlah dokter pun menyarankan untuk menggunakan radiasi sinar UV seperti kulit berjerawat, sakit kuning, eksim, serta psoriasis. Bagi anda yang ingin melakukan terapi ini, maka konsultasikan dulu dnegan dokter ahli kulit terkait.

Walaupun demikian, sebaiknya hindari melakukan aktivitas berjemur pada pukul 10.00 sampai 16.00 karena bisa mengakibatkan kerusakan kulit serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Tips Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Jika anda ingin berjemur dibawah matahari, maka simak tips berikut ini supaya Anda lebih nyaman serta aman saat berjemur di bawah sinar matahari.

  • Gunakan tabir surya minimal SPF 24 atau di atasnya.
  • Gunakan lotion SPF maksimal 20-30 menit sebelum anda keluar rumah.
  • Perhatikan masa kedaluwarsa dari produk tabir surya
  • Simpan tabir surya SPF di tempat yang sejuk serta terhindari dari pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Yang perlu anda perhatikan adalah lotion tabir surya SPF hanya mampu melindungi kulit sementara waktu dari terik matahari.
  • Selain menyehatkan, pancaran sinar matahari pagi juga dipercaya sanggup memberikan rasa bahagia. Ini yang menjadi sebab banyaknya produksi hormon kebahagiaan atau yang dikenal dengan serotonin. Jadi, mulai sekarang anda jangan takut lagi terkena sinar matahari serta dapatkan manfaat dari olahraga di luar ruangan setiap pagi hari dan manfaat petroleum jelly. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

    Author - November 27, 2017

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *