Dibalik Rahasia Bahan Kimia Pada Cat Rambut

Mewarnai rambut dapat membuat penampilan seseorang menjadi nampak berbeda, apalagi jika ditunjang dengan tren warna rambut yang senantiasa berganti. Walaupun demikian, ada beberapa bahaya yang terdapat pada cat rambut yang wajib untuk anda dipertimbangkan sebelum anda menggunakannya.

cat rambut

cat rambut

Masih menjadi pertanyaan tentang keamanan dari bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut. Ada banyak kemungkinan jika cat rambut dapat menyebabkan timbulnya reaksi pada tubuh maupun bisa menimbulkan penyakit yang merugikan kesehatan.

Risiko Kesehatan dari Cat Rambut

Di balik dari manfaat mewarnai rambut adalah supaya Anda terlihat lebih cantik serta muda, cat rambut juga mempunyai bahaya yang perlu untuk anda waspadai. Pewarna rambut banyak mengandung bahan kimia yang bisa meningkatkan risiko terdampak penyakit. Beberapa penyakit yang mungkin bisa menyerang anda pemakai warna rambut adalah sebagai berikut:

  1. Alergi
  2. Cat rambut dapat menyebabkan alergi. Alergi yang menyerang bida mulai dari yang ringan sampai alergi yang parah. Kasus alergi yang umumnya terjadi pada cat disebabkan karena bahan kimia yang bernama PPD atau yang dikenal dengan para-phenylenediamine. Padahal penggunaan PPD ini terdapat di lebih dari 70 persen produk cat rambut, diantaran beberapa merek-merek cat rambut ternama. Pada sebagian orang yang alergi terhadap bahan kimia PPD akan merasakan gejala seperti nyeri pada wajah atau pada sekitar garis rambut. Selain itu, pengaruh negative yang umum yang nampak adalah pembengkakan wajah.

  3. Kanker
  4. Kandungan bahan kimia pada cat rambut sangat mungkin untuk bersifat karsinogenik atau menyebabkan penyakit kanker. Bahan kimia tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melewati pori-pori kulit kepala maupun dengan cara dihirup ketika bernapas. Beberapa kanker yang mungkin saja terjadi diantarannya kanker darah, baik leukemia atau limfoma, kanker payudara, dan juga kanker kandung kemih.

    Hubungan antara cat rambut dengan kanker yang terjadi pada manusia memang belum sepenuuhnya terbukti. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa bahan kimia yang terdapat pada cat rambut bisa meningkatkan risiko kanker.

    Selain itu, kandungan bahan kimia yang terdapat pada cat rambut juga senantiasa mengalami perkembangan. Apabila dulu kandungan cat rambut yang bernama amina aromatik dapat menyebabkan kanker pada hewan, tetapi bahan tersebut sudah jarang digunakan pada cat rambut.

  5. Keracunan
  6. Beberapa cat rambut ada yang mengandung zat kimia seperti timbal asetat. Bahan ini sudah disetujui digunakan pada cat rambut dengan catatan konsentrasi timbale asetat tidak melebihi dari 0,6 persen b/v. Bahan ini aman untuk anda digunakan apabila Anda mengikuti petunjuk pemakaiannya. Jika konsentrasi timbale asetat ini melebih batas serta terhirup oleh manusia, maka akan menimbulkan keracunan.

Tips Mewarnai Rambut Dengan Aman

Apabila Anda masih ingin menggunakan cat rambut untuk mewarnai rambut anda, maka supaya tidak membahayakan kesehatan anda ada baiknya anda mengikuti petunjuk-petunjuk berikut ini.

  1. Baca kemasan dengan teliti
  2. Pertama yang harus anda lakukan tentu membaca kemasan dengan teliti. Anda harus memastikan bahwa produk tersebut telah terdaftar di (BPOM) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Apabila Anda mengecat rambut di salon kecantikan maka yang perlu untuk anda tanyakan adalah apa produk yang mereka gunakan serta status keamanannya.

  3. Lakukan uji alergi terlebih dahulu
  4. Bagi kebanyakan orang akan mengabaikan uji alergi ini karena telah tidak sabar ingin segera memperoleh warna rambut yang baru. Uji alergi ini sangatlah penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk menghindari pengaruh negatih yang tidak diinginkan. Beberapa pengaruh negative yang mungkin saja terjadi adalah seperti gatal-gatal, kulit terbakar, memerah, maupun efek buruk lainnya. Uji alergi dapat anda lakukan dengan sederhana di rumah, yaitu dengan cara mengoleskan sedikit saja krim cat rambut. Dioleskan dimana? Yaitu di oleskan pada bagian belakang telinga Anda. Setelah itu diamkan hingga dua hari. Apabila selama itu Anda tidak merasakan pengaruh apa-apa, maka cat rambut itu aman untuka Anda gunakan. Apabila hasil tes tersebut ternyata memberikan pengaruh yang tidak aman maka, lebih baik cari produk lain yang aman untuk anda gunakan.

Hindari mencampur produk yang berbeda

Yang wajib untuk anda hindari adalah jangan pernah mencoba mencampurkan dua produk cat rambut secara sekaligus. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat merusak rambut serta kulit kepala.

  1. Selalu lindungi tangan
  2. Ketika anda mengecat rambut di rumah, maka yang harus anda lakukan adalah melindungi tangan Anda menggunakan sarung tangan. Biasanya, produsen sudah menyediakan sarung tangan pada kemasannya.

  3. Aplikasikan sesuai standar waktu
  4. Pada sebagian besar orang mungkin saja akan berpikir bahwa dengan mendiamkan cat rambut lebih lama maka dapat membantu Anda memperoleh warna yang lebih kuat. Tetapi ternyata pemikiran tersebut tentu salah. Malah hal ini dapat berpotensi membahayakan diri Anda.

  5. Bilas cat rambut sampai bersih
  6. Sesudah selesai menggunakan produk cat rambut pada rambut anda, maka yang harus anda lakukan adalah membersihkan dari kulit kepala hingga ke ujung rambut sampai bersih. Jangan sampai terdapat sisa cat rambut yang menuempel pada rambut atau kulit kepala anda.

  7. Jangan gunakan cat rambut untuk selain rambut kepala
  8. Hindari atau jauhi mewarnai alis maupun bulu mata Anda menggunakan cat rambut. Mengapa demikian? Karena dapat meningkatkan risiko terkena infeksi pada mata bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

  9. Cat ulang hanya sebagian
  10. Dengan seiringnya waktu, maka rambut akan tumbuh serta warnanya terlihat berbeda dengan bagian rambut yang telah diwarnai. Maka untuk meratakan warnanya, yang bisa anda lakukan adalah membiarkannya, anda tidak perlu untuk mengecat ulang seluruh rambut. Yang perlu dilakukan adalah cukup mengecet pada bagian rambut yang baru tumbuh saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada rambut anda.

  11. Pilih cat rambut warna terang
  12. Lebih baik anda memilih warna car rambut yang terang. Mengapa demikian? Karena cat rambut dengan warna gelap menunjukan kandungan bahan kimia yang lebih banyak.

Pewarnaan rambut dengan menggunakan cat rambut memang nampak menarik. Sebaiknya tetap anda perhatikan cara penggunaan cat rambut yang tepat, saat anda mengaplikasikan bahan-bahan kimia pada rambut anda serta kulit kepala. Anda wajib mengikuti semua petunjuk serta peringatan yang ada pada kemasan. Apabila Anda khawatir dengan risiko kesehatan yang ditimbulkan, maka lebih baik menghindarinya. Temukan juga suplemen herbal disini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Author - November 20, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *