Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Diet

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang dipercaya bisa mengurangi berat badan. Metabolisme tubuh merupakan suatu proses biokimia alami tubuh yang turut serta berperan dalam membakar kalori serta membantu dalam penurunan berat badan, disamping pengaturan diet serta aktivitas fisik. Kemudian, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh apabila Anda ingin menurunkan berat badan?

tips menurunkan berat badan

Diet

Mempunyai kecepatan metabolism yang tinggi memang bisa membuat tubuh mampu untuk membakar lebih banyak kalori, yang mana ini akan diikuti dengan penurunan berat badan. Dengan kecepatan metabolisme yang tinggi maka akan membuat Anda menjadi merasa lebih baik. Mengapa demikian? Karena tubuh memperoleh pasokan energi yang cukup dalam menjalankan berbagai fungsinya. Kareoranna alasan ini banyak orang yang mencari cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh malalui jalan diet menurunkan berat badan.

Faktor yang Memengaruhi Pembakaran Kalori

Selain dipengaruhi oleh faktor genetik, tingkat pembakaran kalori pada proses metabolisme pada tubuh juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti:

  1. Usia
  2. Perlu untuk anda ketahui bahwa semakin tua, maka tubuh Anda akan menjadi lebih banyak terdiri dari lemak. Sedangkan jumlah otot akan semakin berkurang sehingga bisa menyebabkan proses pembakaran kalori menjadi terhambat atau melambat.

  3. Jenis Kelamin
  4. Selain karena faktor usia, seorang laki-laki akan cenderung lebih banyak dalam membakar kalori jika dibandingkan dengan perempuan. Jadi wajar jika laki-laki lebih banyak memiliki otot dari pada perempuan.

  5. Ukuran dan komposisi tubuh
  6. Seseorang yang mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar serta mempunyai lebih banyak otot akan membakar kalori lebih banyak, bahkan saat tubuh mereka sedang berada pada kondisi istirahat.

  7. Kemampuan tubuh mengolah makanan (thermogenesis)
  8. Proses mencerna, menyebarkan, menyerap, serta menyimpan nutrisi makanan memerlukan kalori sebagai bahan bakarnya. Dari sekian banyak kalori yang ada, hanya sekitar 10 persen kalori saja yang akan digunakan tubuh dalam proses pengolahan makanan ini.

  9. Aktivitas fisik dan olahraga
  10. Selain olahraga, aktivitas fisik sederhana seperti berjalan kaki ke warung, sampai jalan kaki rutin di setiap sore juga dapat membakar kalori, namun dengan jumlah yang berbeda.

Dalam menjalankan program diet tentu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Kini sesudah anda mengetahui faktor apa saja yang bisa mempengaruhi jumlah pembakaran kalori di dalam tubuh, Anda dapat untuk menyusun program diet yang sesuai dengan keadaan Anda. Akan menjadi lebih baik lagi sesudah berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh yang dapat Anda Mulai Sekarang Juga

Pertanyaa selanjutnya kepada anda, apakah anda sudah tidak sabar lagi untuk memulai diet? Tenang, karena sebentar lagi akan kami hadirkan beberapa cara yang bisa membantu memeningkatkan metabolisme tubuh anda dalam program diet yang sudah dibuktikan oleh para ahli nutrisi via beberapa penelitian.

  1. Perbaiki waktu tidur
  2. cara pertama yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki waktu tidur. Ternyata kekurangan waktu tidur menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa adanya hormon yang memicu rasa lapar pada orang yang kurang tidur, serta menurunnya kadar hormon leptin yaitu hormone penyebab rasa kenyang.

  3. Lebih banyak berdiri daripada duduk
  4. Aktifitas mengerjakan laporan, maupun menulis artikel yang dikerjakan sambil berdiri untuk waktu yang singkat ternyata dapat membantu membakar lebih banyak kalori jika dibanding dengan mengerjakan yang disertai dengan duduk untuk waktu yang panjang.

  5. High-intensity interval training (HIIT)
  6. Mengerjakan olahraga dengan gerakan cepat serta intensitas sedang secara bergantian sebagai aktivitas selingan ketika jeda istirahat, bisa meningkatkan kecepatan metabolisme dan juga membakar kalori lebih banyak.

  7. Angkat beban
  8. Latihan kekuatan yang dilakukan dengan mengangkat beban tidak saja hanya membakar kalori tetapi juga menjaga supaya tubuh tidak kehilangan otot sebagai bagian dari efek samping diet penurun berat badan.

  9. Gunakan minyak kelapa
  10. Mengganti minyak lemak jenuh dengan minyak kelapa saat anda mengkonsumsi tidak akan berpengaruh secara langsung pada proses metabolisme, tetapi minyak kelapa ini dapat menekan rasa lapar yang lebih lama.

  11. Memastikan selalu ada protein dalam setiap makanan yang dikonsumsi
  12. Protein merupakan jenis makanan yang bisa membakar lebih banyak kalori dalam proses pencernaannya jika dibanding dengan karbohidrat serta lemak. Protein juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Bagaimana caranya? Yaitu dengan cara mencegah tubuh kehilangan massa otot saat Anda berdiet.

  13. Perbanyak minum air putih
  14. Aktifitas meminum air putih bisa meningkatkan metabolisme. Bahkan jika air tersebut dalam keadaan dingin. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena tubuh memerlukan lebih banyak kalori dalam menaikkan suhu air tersebut ketika masuk dalam tubuh. Selain itu, dengan meminum air putih sebelum makan dapat membuat Anda menjadi lebih cepat kenyang, sehingga memudahkan anda untuk mengontrol porsi makan.

  15. Konsumsi makanan yang pedas
  16. Bagi para penggemar makanan pedas tentu tidak keberatan jika melakukan cara yang satu ini. Namun anda wajib memperhatikan dosis serta batas toleransi Anda terhadap makanan pedasnya.

Jika anda memilih jalan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam menurunkan berat badan secara sehat, maka hasil dari diet ini tidak dapat dicapai seketika. Tetapi dengan memperbaiki gaya hidup serta disiplin diri, maka hal tersebut dapat dilakukan.

Berkonsultasilah dengan dokter maupun dengan ahli gizi menjadi pilihan terbaik sebelum anda memutuskan untuk menggunakan diet dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh, supaya program diet Anda bisa berlangsung dengan lebih efektif. Dapatkan juga informasi seputar obat fistula ani di sini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Author - November 22, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *